kue

Cover Image

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER I MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA KELAS V DABIN II PATTIMURA KECAMATAN JATIYOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Marimin Marimin

Abstract


Abstrak

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester I melalui Supervisi Akademik Pada Kelas V Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilaksanakan karena guru dalam menyusun tes hasil bealajar ahkhir semester belum maksimal sehingga pemahaman peserta didik terhadap soal tidak maksimal. Untuk mengetahui apakah melalui supevisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir kelas V Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.

Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru kelas V di Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar semester 1 pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 8 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji validitas data adalah dengan menggunakan trianggulasi data.

Hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa dengan adanya penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru menyusun tes hasil belajar akhir semester di Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar semester I tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian dimana penilaian yang dilakukan oleh peneliti di kondisi awal rata-rata yang diperoleh adalah 62,13, setelah dilaksanakan supervisi akademik siklus I meningkat menjadi 66,69 dan pada siklus II menjadi 77,75. Selain itu guru dapat mengikuti supervisi akademik dengan baik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.