BIMBINGAN KETERAMPILAN HIDUP PERSONAL BAGI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DI SLB KOTA BANDUNG

  • Agung Amrih Gunawan
  • A Juntika Nurihsan
  • Juang Sunanto

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan perilaku hidup bersih dan sehat, sebagai wujud keterampilan hidup anak tunagrahita ringan, akhir-akhir ini mendapatkan perhatian lebih baik dari berbagai pihak, tetapi belum menempatkan lingkungan perkembangan sebagai inti pengembangan perilaku tersebut. Tujuan akhir penelitian menghasilkan Bimbingan Keterampilan Hidup bagi Anak Tunagrahita Ringan. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang menggunakan disain subjek tunggal.  Pene;litian ditempuh dalam tiga tahap penelitian, yakni (1) tahap pertama studi pendahuluan untuk mengungkap kondisi awal perilaku hidup bersih dan sehat pada anak tunagrahita di SLB Kota Bandung, kondisi layanan pembelajaran, dan kondisi obyektif penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehatnya; (2) tahap kedua, perumusan Bimbingan Keterampilan Hidup bagi Anak Tunagrahita Ringan; (3) tahap ketiga, pengujian efektivitas penerapan Bimbingan Keterampilan Hidup bagi Anak Tunagrahita Ringan. Penelitian menemukan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat anak tunagrahita berada pada kategori kurang baik dan berubah menjadi baik pada saat intervensi dan baseline 2. Hal ini menandakan Bimbingan Keterampilan Hidup bagi Anak Tunagrahita Ringan secara empirik efektif dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat anak tunagrahita ringan. Rekomendasi penelitian ditujukan bagi konselor/ guru bimbingan dan konseling, orang tua, staf kebersihan sekolah, dan penelitian selanjutnya.

Kata kunci :

bimbingan keterampilan hidup, anak tunagrahita ringan

Published
2017-01-28