PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS TENTANG PENGALAMAN MELALUI METODE SENSUS KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 MENDURAN, KECAMATAN BRATI, KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Siti Alfiah

Abstract

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi bebas tentang pengalaman  melalui metode sensus kata pada peserta didik kelas V SD Negeri 5 Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dua siklus. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari aspek tema, pilihan kata dan rima. Hasil pembelajaran prasiklus, 10 (50%) peserta didik tuntas dan 10 (50 %) tidak tuntas, rata-rata nilai 73. Siklus I, 14 (70%) tuntas dan 6 (30%) tidak tuntas. Rata-rata nilai nilai 77. Siklus II, ketuntasan 100 %, rata-rata nilai 85.

Kata kunci:

peningkatan kemampuan, pembelajaran menulis puisi, pengalaman, penggunaan sensus kata

Published
2017-07-29