PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 MENDURAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Darsuji Darsuji
Abstract views: 13 , PDF downloads: 8

Abstract

ABSTRAK

Fungsi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar adalah untuk mengembangkan sikap rasional tentang gejala-gejala sosial serta wawasan tentang perkembangan masyarakat Indonesia dan mas dunia di masa lampau dan masa kini. Permasalahan yang ada pada saat pembelajaran berlangsung, pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centred). Guru cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian peserta didikdalam proses pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 4 Menduran sebanyak 20 peserta didik, yang terdiri dari 12 peserta didik lai-laki dan 8 peserta didik perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi menghargai jasa dan tokoh proklamasi kemerdekaan republik Indonesia SD Negeri 4 Menduran Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Prestasi belajar peserta didik pada pra siklus nilai rata-rata belajar peserta didik adalah 50,9, kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 75 meningkat menjadi 82 pada siklus 2.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Tutor Sebaya

Published
2017-07-29