PENINGKATAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENGHITUNG FPB DAN KPK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VISD NEGERI 1 TEMON UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BRATI SEMESTER 1TAHUN PEL

  • Deny Rachmawati

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal menghitung FPB dan KPK serta menentukan perubahan perilaku belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Temon UPTD PendidikanKecamatan Brati KabupatenGroboganTahun Pelajaran 2016/2017melalui pendekatan pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (STAD )

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Temon UPTD Pendidikan Kecamatan Brati yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik análisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan untuk memberi gambaran tentang hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah tindakan dilaksanakan terhadap seluruh perilaku pesertadidik dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK meliputi kesiapan,keberanian bertanya,kerjasama dalam kelompok.

Penelitian juga dilakukan pada perilaku guru dalam pembelajaran mulai dari persiapan, kegiatan inti dan penutup. Dengan bantuan teman sejawat diamati bagaimana mempersipkan rencana pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran, memilih metode pembelajaran, menyusun tes dan menuntun pesertadidik membuat kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (STAD) pada prasiklus nilai tuntas diatas KKM 65 sejumlah 7 anak (28% dengan rata-rata kelas 59,20), siklus I mengalami peningkatan hingga menjadi 19 anak (76% dengan rata- rata kelas 70,40) dan pada siklus II mencapai ketuntasan 25 anak (100% dengan rata-rata kelas 74,80). Jadi dapat disimpulkan bahwa Student Teams Achivement Divisions (STAD)kreatifitas dan hasil belajar matematika tentang menghitung FPB dan KPK  peserta didik Kelas VISDNegeri 1 Temon Semester 1 tahun Pelajaran 2016/ 2017 dapat ditingkatkan.

 

 

Kata kunci: kreatifitas,hasil belajar,Student Teams Achivement Divisions(STAD)
Published
2017-07-29