PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU KELAS SD NEGERI 1 TEMON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Kondang Liliawati
Abstract views: 18 , PDF downloads: 60

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru kelas SD Negeri 1 Temon UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Tahun Pelajaran 2016/2017  dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui Supervisi Akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah  6 orang guru kelas di SD Negeri 1 Temon UPTD Pendidikan Kecamatan Brati. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.

Analisis deskriptif dilakukan untuk memberi gambaran tentang hasil yang dicapai oleh guru setelah tindakan dilaksanakan terhadap seluruh pusat perhatian dalam penelitian meliputi aspek-aspek memanfaatkan media pembelajaran.

Kelemahan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran terlihat dari beberapa indikator yaitu: kemampuan guru dalam mempersiapkan media pembelajaran yang meliputi kegiatan merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, menyediakan buku manual penggunaan media pembelajaran, mengatur media pembelajaran sebelum pembelajaran, dan mempersiapkan perlengkapan lain yang diperlukan (hardware dan soft ware)

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas  rata-rata skor actual mengalami peningkatan dari Pra Siklus 42,25 % menjadi 55,50 %  pada tindakan di Siklus I ,dan setelah tindakan Siklus II rata-rata skor aktual mencapai 82,00 % . Jadi dapat disimpulkan melalui  supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas terjadi peningkatan kinerja guru kelas  dalam memanfaatkan media pembelajaran pada guru kelas SD Negeri 1 Temon Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/ 2017.

 

 

Kata kunci: kinerja guru, media pembelajaran, supervisi,SD Negeri 1 Temon

Published
2017-07-29