HAMBATAN PERGURUAN PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT DALAM MERAIH PRESTASI

  • Edi Purnomo
Abstract views: 53 , PDF downloads: 192

Abstract

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hambatan perguruan Tapak Suci putera Muhammadiyah Provinsi Kalimantan Barat dalam Meraih Prestasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan perguruan pencak silat tapak suci putera muhammadiyah provinsi Kalimantan Barat dalam Meraih Prestasi.

Metode penelitian ini adalah menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian survey.populasi penelitian ini adalah pengurus, athlet, pelatih Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Jadi semua populasi dijadikan sampel.

Hasil penelitian pada penelitian ini dapat disimpulkan pada dua faktor hambatan perguruan pencak silat tapak suci putera muhammadiyah provinsi Kalimantan Barat. Pada faktor endogen yaitu kemampuan mental 45 %, kemampuan fisik 21 %, kemampuan teknik 20 % dan kemampuan taktik 14 %. Dan faktor eksogen yaitu yang terdiri dari pelatih sebesar yaitu 40 %, faktor lingkungan sebesar 15 %, Pendanaan sebesar 14 %, Organisasi sebesar 12 %, sarana sebesar 10 % dan manajemen sebesar 9 %.

 

Kata Kunci : Hambatan, Perguruan Tapak Suci, Pencak Silat

Published
2017-07-29