PEMANFAATAN ALAT PERAGA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TENTANG HUBUNGAN ANTARA STUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 MENDURAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Kusmaini Kusmaini

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran IPA kurang diminati peserta didik, peserta didik kurang aktif sedangkan peneliti dalam kegiatan belajar mengajar tidak menarik dan belum menggunakan alat peraga, sehingga keaktifan dan hasil belajar rendah.Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA.Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik peneliti melakukan penilaian tindakan kelas tentang struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya dengan memanfaatkan alat peraga. Untuk itu peneliti melakukan tahapan-tahapan dalam siklus yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi siklus I dan siklus II.Dalam proses pembelajaran Pra Siklus keaktifan peserta didik75% dan nilai rata-rata 65,65. Proses pembelajaran siklus I keaktifan peserta didik83,70% dan nilai rata-rata 74,78. Dalam proses pembelajaran siklus II keaktifan peserta didik100%dan nilai rata-rata 93,91.Dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : alat peraga, tumbuhan, keaktifan belajar, dan hasil belajar.

Published
2017-07-29