PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG TEKS BACAAN WAYANG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA WAYANG KULIT DAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 JANGKUNGHARJO KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

  • Sri Mulyanti

Abstract

ABSTRAK

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan media wayang dan diterapkannya pembelajaran Metode Demonstrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh media wayang dan Metode Demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran Metode Demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah digunakannya wayang dan diterapkannya metode pembelajaran Metode Demonstrasi.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V Di SDN 2 Jangkungharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (38,71%), siklus II (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media wayang dan Metode Demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas V  SDN 2 Jangkungharjo Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017,  metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Jawa.

 

Kata Kunci: Bahasa Jawa, Media Wayang dan Metode Demonstrasi, Prestasi

belajar siswa.
Published
2017-07-29