USAHA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KERJA DAN DISIPLIN GURU DALAM MENGAJAR MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK

  • Muryani Muryani
Abstract views: 14 , PDF downloads: 60

Abstract

ABSTARK

Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah Untuk  Meningkatkan hasil kerja dan Disiplin Guru  Dalam Kehadiran Mengajar Melalui Penerapan Supervisi Akademik Pada Guru di SDN  03 Wonokeling  Kecamatan Jatiyoso  Kabupaten Karanganyar semester II Tahun Pelajaran  2016/2017.

Penelitian Tindakan Sekolah ini dengan menggunakan strategi atau pendekatan siklus deengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa, meningkatkan produktifitas kerja dan disiplin guru  dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan supervisi akademik pada guru SDN  03 Wonokeling       Kecamatan Jatiyoso  Kabupaten Karanganyar semester II Tahun Pelajaran  2016/2017 cukup signifikan .

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Usaha Untuk Meningkatkan Produktifitas kerja dan Disiplin Guru dalam Mengajar dapat dilakukan  Melalui Penerapan Supervisi Akademik di SD Negeri  03 Wonokeling   Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2016/2017hal ini terjadi peningkatan produktifitas dan disiplin. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan bahwa tingkat keterlambatan guru kurang dari 5 menit siklus I 67%, siklus II 78% dan siklus III 100%, sedangkan keterlambatan antara 5-10 menit siklus I 22% siklus II 22 % dan siklus III 0%, dan keterlambatan guru lebih dari 10 menit pada siklus I 11%, siklus II 0% dan siklus III 0%. Dengan demikian maka terjadilah peningkatan produktipitas dan  kedisiplinan guru dalam mengajar dikelas

 

Kata Kunci: Produktipitas, disiplin kehadiran guru, Supervisi Akademik

Published
2017-07-29