Pengaruh Layanan Informasi Melalui Konseling Kelompok Terhadap Kematangan Vokasional Pada Siswa Kelas XII SMK Warga Surakarta

  • ENY KUSUMAWATI

Abstract

Kematangan vokasional  peserta didik yang rendah menjadi salah satu persoalan dunia pendidikan. Hal ini menunjukkan peserta didik masih ragu terhadap karir masa depan yang sesuai dengan dirinya, di pengaruhi pula kurangnya informasi akan jurusan dan lapangan kerja yang akan dihadapi oleh iswa SMK ketika mereka lulus menambah kekhawatiran dalam pengambilan keputusan memilih karir. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah layanan informasi khususnya mengenai karir melalui konseling berkelompok efektif untuk meningkatkan kematangan vokasional?.  Jenis peneltian kuantitatif dengan metode menggunakan Design One Group Pretest – Posttest. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XII SMK Warga Surakarta sebanyak 16 orang. Hasil analisis data menggunakan paired sampel diketahui nilai t = 13,145 ; sig 0,00 (p  < 0,05). Sebelum diberikan layanan informasi (pretest) diperoleh mean sebesar 5,62, dan setelah mendapatkan layanan informasi (posteest) diperoleh nilai mean 11,62.  Hasil ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kematangan vokasional  sebelum dan sesudah diberi layanan informasi mengenai karir melalui konseling kelompok. Artinya pemberian layanan informasi mengenai karir melalui konseling kelompok dapat meningkatkan kematangan vokasional pada peserta didik. Implikasi penelitian bagi guru bimbingan dan konseling agar dapat melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dengan menyertakan layanan informasi pada peserta didik.

Author Biography

ENY KUSUMAWATI
FKIP UTP SURAKARTA
Published
2017-01-01