PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI POKOK MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING STRATEGY MODEL ACTION LEARNING BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 NGABENREJO KECAMATAN GROBOGAN SEMESTER 2 TAHUN PE

  • Juwadi Juwadi

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan tentang Materi Pokok Memahami Kebebasan Berorganisasi bagi peserta didik Kelas V SD Negeri 3 Ngabenrejo Kecamatan Grobogan pada Semester 2 Tahun Pelajaran  2016/2017 dengan subyek  penelitian  sejumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan: Perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi.Metode pengumpulan data melalui tes dan observasi.Teknik analisa  data  adalah diskriptif kwantitatif dengan membandingkan kondisi Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II yang dilanjutkan dengan refleksi dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Pendekatan Active Learning Strategy Model Action Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pokok Memahami Kebebasan Berorganisasi bagi Kelas V SD Negeri 3 Ngabenrejo Kecamatan Grobogan pada Semester 2 Tahun Pelajaran  2016/2017 yaitu peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari Pra Siklus  20,00% menjadi 70,00% pada Siklus I dan pada  Siklus II meningkat menjadi 100%  .

 

Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan ,Kebebasan Berorganisasi, Pendekatan Active Learning Strategy model Action Learning

Published
2018-01-29