PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI PEMERINTAHAN INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 1 KARANGSARI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER 1 TAHUN

  • Sri Hartatik

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dengan latar belakang dari hasil kajian dan pengamatan langsung di kelas VI  SD Negeri 1 Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPS pada umumnya disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah. Target keberhasilan pembelajaran IPS cenderung mengarah kepada pengerjaan soal-soal tes, akibatnya pemahaman konsep peserta didik menjadi rendah serta tidak menumbuhkan kemampuan IPS yang harus dimiliki peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri.  Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan.  Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian sebanyak 13 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes, lembar observasi peserta didik dan guru.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi peserta didik menunjukkan perolehan pada kondisi awal hanya  3 peserta didik atau 23,08%, naik menjadi 8 peserta didik atau 61,54% pada Siklus I, serta 13 peserta didik atau 100% pada  Siklus II. Sedangkan peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik dari rata-rata pada kondisi awal hanya 54,62 naik menjadi 66,15 pada Siklus I, 76,15 pada Siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  1 peserta didik (7,69%) pada kondisi awal,  53,85% atau 7 peserta didik pada Siklus I,  dan pada Siklus II menjadi  92,31% atau 12 peserta didik ,dan masih terdapat 1 peserta didik yang tidak tuntas belajarnya atau 7,69%, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada Siklus II.

Kata Kunci : inkuiri, motivasi, prestasi, belajar

Published
2018-01-29