PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BERBASIS TEKNOLOGI MULTIMEDIA MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI 2 KARANGSARI UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BRATI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Tugiman Tugiman

Abstract

ABSTRAK

Suatu proses pembelajaran yang berlangsung secara baik jika dilaksanakan oleh guru yang memiliki kualitas kompetensi akademik dan profesional yang tinggi atau memadai. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan dengan mengutamakan peningkatan mutu guru. Selengkap dan secanggih apa pun prasarana dan sarana pendidikan, tanpa didukung oleh mutu guru yang baik, prasarana dan sarana tersebut tidak memiliki arti yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan.

Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar Berbasis Teknologi Multimedia nilai rata-ratanya hanya 58,75 masuk kualifikasi Cukup. Tidak ada guru yang masuk kualifikasi Sangat Baik, hanya 1 guru (12,50%) yang masuk kualifikasi Baik, sebanyak 6 guru (75,00%) masuk kualifikasi Cukup dan masih ada 1 guru (12,50%) yang berkualifikasi Kurang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam kegiatan belajar mengajar Berbasis Teknologi Multimedia melalui In House Training. Penelitian ini dilakukan pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 2 Karangsari Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini dapat berupa soal tes dan non tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kompetensi  guru dalam kegiatan belajar mengajar Berbasis Teknologi Multimedia melalui In House Training dari pra siklus nilai rata-rata kompetensi guru hanya 58,75 masuk kualifikasi cukup, meningkat pada siklus I menjadi nilai rata-rata kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar Berbasis Teknologi Multimedia menjadi 77,87 dengan kualifikasi baik, dan akhirnya meningkat lagi ke kondisi akhir menjadi 85,50 dan masuk kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan In House Training dapat kompetensi  guru dalam kegiatan belajar mengajar Berbasis Teknologi Multimedia pada SD Negeri  2 Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 .

 

Kata Kunci : In House Training, Kompetensi  Guru, Multimedia.

 

Published
2018-01-29