PENGARUH METODE MIND MAPPING WITH PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

 

Metode Pembelajaran merupakan salah satu sarana penunjang dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar cenderung masih monoton dan kurang bervariasi. Keberhasilan sebuah pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kurikulum yang baik tersedianya sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu faktor penunjang berhasilnya pembelajaran. Perkembangan teknologi menuntut guru untuk terus belajar dan berkembang menyesuaikan kondisi yang ada. Metode mind mapping with picture dapat digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran untuk mengatasi kurang bervariasinya penggunaan metode yang dilakukan oleh guru.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan menggunakan desain  Pretest-Posttest Control-Group Design. Dalam pelaksanaan penelitian subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan metode pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen diberikan metode pembelajaran mind mapping with picture, kemudian diambil data motivasi dari kedua kelompok tersebut. Data motivasi pada kedua kelompok tersebut dianalisis menggunakan SPSS untuk menjawab rumusan masalah. Dari analisis data diperoleh 0,000 atau < 0,05 yang berarti bahwa: Ho di tolak dan menerima H1atau dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode mind mapping with picture terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V.Dari uji regresi dengan SPSS didapatkan nilai R sebesar 0,821 yang berarti bahwa ada pengaruh yang kuat antara metode pembelajaran mind mapping dengan motivasi belajar dan dari nilai Rsquare didapat ninail 0,674 yang berarti bahwa Metode mind mapping with picture berpengaruh positif terhadap motivasi belajar sebesar 67,4%

.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mind mapping, Media Gambar

Published
2019-01-29