PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA TEKIMO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS

  • Tri Farus Hidayati Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan
  • Santoso Santoso

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pada penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui model time token berbantuan media Tekimo pada mata pelajaran PKn Kelas V di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada keterampilan guru ada peningkatan pada siklus satu skor rata-rata 80,9% (baik) dan siklus dua skor rata 90,7% (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus satu skor rata-rata 71,3% (baik) dan pada siklus dua menperoleh skor rata-rata 81,5% (sangat baik). Hasil belajar PKn pada siswa ranah afektif meningkat dari siklus satu skor rata-rata 70% (baik), pada siklus dua skor rata-rata 82% (sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus satu skor rata-rata 81,8 (sangat baik) dan pada siklus dua menjadi 87,8% (sangat baik).

 

Kata kunci: Time Token, Tekimo (Teka-teki Modelis), Hasil Belajar PKn

Published
2019-01-29