PENERAPAN METODE SIX THINKING HATS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

  • Ninda Beny Asfuri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Sondakan No 11 Surakarta.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri  Sondakan No 11 Surakarta yang terdiri 15 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam materi struktur bumi setelah diadakan tindakan kelas dengan metode Six Thinking Hats. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata–rata ketrampilan guru pada pada pra siklus presentasenya 57,5%,dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus I persentasenya 72,5% dengan kriteria baik dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kriteria sangat baik.Persentase keseluruhan aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 44,89%, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan metode Six Thinking Hats, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 61,30%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,18%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 56,77, meningkat pada siklus I sebesar 74,58, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,16 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri Sondakan No 11 Surakarta yaitu 65.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil ketrampilan  guru, aktivitas dan hasil belajar siswa yang meningkat dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Six Thinking Hats tepat digunakan pada proses  pembelajaran  IPA khususnya materi struktur bumi, yang mana merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

 

Kata kunci : Kualitas pembelajaran IPA dan metode six Thinking Hats
Published
2019-01-29