PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIMETRI LIPAT BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BATURAN SEMESTER 2 TAHUN 2018

  • Rika Yuni Ambarsari
  • Ninda Beny Asfuri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dalam mengerjakan materi simetri lipat bangun datar melalui penggunaan model  pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw bagi peserta didik kelas III SD NEGERI BATURAN 02 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai ulangan sebelum dilakukan penelitian, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) kepada siswa, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner.

Dari hasil penelitian diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, dapat ditunjukkan dari rata-rata nilai tes masing-masing siklus yang mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai tes peserta didik mencapai 69,21; sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 76,29. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai75% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,62%. Hasil belajar afektif peserta didik pada siklus I peserta didik secara klasikal yang mencapai ketuntasan ada  25 peserta didik (78,12%), sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik telah mencapai ketuntasan 93,75%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I peserta didik secara klasikal yang mencapai ketuntasan  26 peserta didik atau 81,25%. Pada siklus II peserta didik secara klasikal yang mencapai ketuntasan ada 29 peserta didik atau 90,62%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan pembelajaran materi simetri lipat bangun datar dengan menggunakan penerapan model  pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: pembelajaran matematika, Jigsaw, aktifitasbelajar, hasilbelajar
Published
2019-01-29