PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY DI KELAS V SD NEGERI SOMOMORODUKUH 2 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Bahtiar Dwi Novianto

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Dengan Penggunaan Metode Pembelajaran DiscoveryDapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) artinya penelitian berbasis kelas, tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu melalui deskripsi komparatif membandingkan hasil dari observasi kondisi awal dengan setelah menggunakan metode Penemuan (Discovery).

Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, ini dapat dilihat pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya siswa sebesar 47,86 dengan prosentase ketuntasan 27,02%. Pada siklus I meningkat menjadi 64,81 dengan prosentase ketuntasan 56,75%. Padasiklus II meningkat lagi menjadi 80,97 dengan prosentase ketuntasan 86,48%. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Penemuan Discovery dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelasV sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

kata kunci: kualitas, IPA, metode discovery

Published
2019-01-29