PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VC SDN SONDAKAN NO.11 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Winda Nur Hidayati

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan Keaktiifan siswa kelas V SDN Sondakan No.11 Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas V SDN Sondakan No.11 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari 22 siswa. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Numbered Heads Together. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran setelah diadakan tindakan kelas dengan Model Numbered Heads Together. Pertama peningkatan dapat dilihat dari peningkatan keaaktifan siswa pada pembelajaran IPS siswa sebelum dan sesudah tindakan pada kondisi  awal 9,1% kriteria rendah meningkat siklus I adalah 32% kriteria cukup,meningkat pada siklus II adalah 86% dengan kriteria sangat baik. Kedua Nilai rata-rata kegiatan guru kondisi awal 2 pada siklus I nilainya 2,8 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,4 dengan kriteria sangat baik. Ketiga pada pra tindakan nilai rata-rata kelas 58 dengan ketuntasan klasikal 22%. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 68 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 41%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86%.

Published
2019-01-29