http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/issue/feed JURNAL MITRA SWARA GANESHA 2024-01-17T01:13:02+07:00 PRAMONO pramono@gamil.com Open Journal Systems Jurnal ini berisi artikel pengajaran, pendidikan dan penelitian. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD FKIP UTP SKA. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/3267 PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR 2024-01-17T01:12:20+07:00 Lia Kristiani liakristiani2399@gmail.com Eny Kusumawati one_enny@yahoo.com Diana Dewi Wahyuningsih dianadewibagus@gmail.com <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok teknik <em>problem solving</em> untuk mengurangi gaya hidup hedonis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pre eksperimental Design dengan desain penelitian <em>one group pre-test post-test</em>. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini <em>adalah purposive sampling</em>, di mana sampel jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan XI IPS 4. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test), diperoleh hasil bahwa t<sub>hitung </sub>lebih besar dari tt<sub>abel</sub> yaitu 14.195 &gt; 1.8331 dan Sig. (2- tailed) = 0,000 &lt; 0,05. Hasil tersebut disimpulkan bahwa Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Gaya Hidup Hedonis</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024