http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/issue/feed JURNAL MITRA SWARA GANESHA 2024-06-24T22:23:36+07:00 PRAMONO pramono@gamil.com Open Journal Systems Jurnal ini berisi artikel pengajaran, pendidikan dan penelitian. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD FKIP UTP SKA. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/3267 PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR 2024-01-17T01:12:20+07:00 Lia Kristiani liakristiani2399@gmail.com Eny Kusumawati one_enny@yahoo.com Diana Dewi Wahyuningsih dianadewibagus@gmail.com <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok teknik <em>problem solving</em> untuk mengurangi gaya hidup hedonis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pre eksperimental Design dengan desain penelitian <em>one group pre-test post-test</em>. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini <em>adalah purposive sampling</em>, di mana sampel jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan XI IPS 4. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test), diperoleh hasil bahwa t<sub>hitung </sub>lebih besar dari tt<sub>abel</sub> yaitu 14.195 &gt; 1.8331 dan Sig. (2- tailed) = 0,000 &lt; 0,05. Hasil tersebut disimpulkan bahwa Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Gaya Hidup Hedonis</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/3755 IMPLIKASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME 2024-06-24T22:23:36+07:00 Eva Yulia Rustanti eva.yulia29@guru.sd.belajar.id Nurul Robikhah nurulrobikhah20@guru.sd.belajar.id Ninuk Lestari Handayani ninuklestari52@guru.sd.belajar.id Rohmah Adi Wulan rohmahwulan68@guru.sd.belajar.id Rani Bekti Pratiwi ranipratiwi04@guru.sd.belajar.id <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Pendekatan saintifik dapat dilakukan pada seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, salah satunya pada jenjang sekolah dasar. Melalui pembelajaran saintifik, guru dapat menanamkan kepada siswa agar bersifat pemberani dan mengasah pola berfikir siswa sekolah dasar. Teori pembelajaran konstruktivisme memiliki tujuan yang sejalan melalui penerapan kurikulum merdeka, yaitu siswa diberikan kebebasan mutlak untuk aktif dalam mengembangkan kemampuannya terutama pada bidang sains dan teknologi. Penelitian ini mempunyai tujuan guna menganalisis implementasi pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPAS melalui sudut pandang teori belajar konstruktivisme di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya pembelajaran saintifik memiliki keterkaitan dengan teori pembelajaran konstruktivisme terutama dalam penerapan kurikulum merdeka pada materi IPAS sekolah dasar.</p> <p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>IPAS, Konstruktivisme, Pendekatan Saintifik</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024