JURNAL MITRA SWARA GANESHA http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG Jurnal ini berisi artikel pengajaran, pendidikan dan penelitian. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD FKIP UTP SKA. en-US pramono@gamil.com (PRAMONO) nuruddin@yahoo.com (Nuruddin) Wed, 15 Jan 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIFITAS TERAPI PERILAKU KOGNITIF BERBASIS TEKNIK SELF CONTROL DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGURANGI KECANDUAN DALAM MENONTON DRAMA KOREA PADA MAHASISWA BK DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4530 <p>Kemajuan negara korea salah satunya didukung dari bidang dunia hiburan khususnya perfilman dan musik, dalam era globalisasi kecanduan menonton drama korea sangat fenomenal dan sulit dikendalikan dikalangan mahasiswa yang notabenenya bebas memilih waktu untuk dipergunakan. Fenomena ini bisa menjadi ancaman karena mahasiswa merupakan penerus bangsa dimasa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan dari layanan konseling individu dengan teknik <em>self control</em> untuk mengurangi kecanduan dalam menonton drama korea pada mahasiswa BK UTP Surakarta.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pre eksperimental Design dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, di mana jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 4 mahasiswa BK UTP Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, skala dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test), diperoleh hasil pretest (M = 108,24, SD = 10,046) sedangkan hasil posttest atau sesudah pemberian layanan berubah menjadi (M = 87,50, SD = 6,856) t (11,547), Sig.(2 Tailed) = 0,001 p &lt; 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan teknik <em>self control </em>efektif dalam mengurangi kecanduan dalam menonton drama korea.</p> <p><strong>Kata kunci : Konseling Individu, Teknik <em>Self Control, </em>Kecanduan</strong></p> Eny Kusumawati, Diana Dewi Wahyuningsih, Deviana Novita Sari Copyright (c) 2025 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4530 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 Analisis Metode Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4651 <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran tematik guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Bororejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru kelas rendah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan data hasil obervasi, dan hasil wawancara didapat hasil analisis terdapat beberapa komponen pembelajaran tematik dan juga ada yang belum sesuai dengan pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar memiliki banyak potensi dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Implementasi, Pembelajaran tematik, SD</p> Luncana Faridhoh Sasmito, Usmani Haryanti, Rika Yuni Ambarsari Copyright (c) 2025 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4651 Wed, 15 Jan 2025 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN BROMANTAKAN 56 SURAKARTA http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4658 <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah melalui penggunaan model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL) dengan media gambar pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas III SDN Bromantakan 56 Surakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bromantakan 56 Surakarta sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pelaksanaan tindakan terdiri dari Siklus I dan Siklus II dengan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Proses pengambilan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes evaluasi.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Hasil analisa data menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat pada siklus I peningkatan minat belajar pada aktivitas belajar siswa yang presentase awalnya hanya 52,90% dapat meningkat menjadi 78,75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,81% dengan kategori baik. Data tersebut diperkuat dengan hasil perolehan angket minat belajar siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 68,79%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,24% dengan kategori baik. Meningkatnya minat belajar pada siswa berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Presentase siswa yang tuntas pada kondisi awal adalah 53,85%. Pada siklus I naik menjadi 69,24% lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,46% dengan perolehan kategori baik.</p> <p><br>Kata Kunci : <em>Project Based Learning</em> (PjBL), Media Gambar, Minat Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam</p> Ninda Beny Asfuri, Desi Wulandari, Harbono, Suci Prasasti Copyright (c) 2025 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/4658 Wed, 15 Jan 2025 00:00:00 +0700