DAMPAK FASILITAS YANG DITAWARKAN LEMBAGA KURSUS TERHADAP STRUKTUR DAN BUDAYA MENGIKUTI KURSUS

  • TRIO HANDOKO

Abstract

Setiap  usaha  memiliki  tujuan  utama  didalam  usahanya adalah  menciptakan melalui proses  konversi  dan  mendistribusikan  barang atau  jasa yang  dibutuhkan  oleh masyarakat secara  ekonomis  dan  efisien  agar  memperoleh keuntungan.  Keuntungan  tersebut  digunakan untuk  memuaskan  semua pihak  yang  terlibat dan berkepentingan  di  dalam  aktivitas perusahaan.

Perumusan  masalah  yang diakan dikaji meliputi pengaruh antara  faktor kepedulian  (awareness)  asosiasi pelayanan, loyalitas  (kepuasan  dan  premium  harga)  dan ukuran  perilaku pasar,  (pangsa  pasar dan harga) dengan  intensitas  peserta didik  baik secara  simultan  maupun  parsial. Di antara  faktor  tersebut manakah yang paling  dominan  pengaruhnya  terhadap intensitas  peserta  didik  pada  lembaga dimana kajian penelitian dilakakukan.

Beberapa  faktor  yang mempengaruhi intensitas  pemilihan adalah kepedulian, kualitas persepsi,  loyalitas  dari ukuran perilaku  pasar. Dari hasil  temuan  penelitian,  maka dapat diambil kesimpulan  sebagai  berikut: Variabel  kepedulian,  kualitas  persepsi, loyalitas  dan  ukuran  perilaku pasar  secara simultan  memiliki  peranan  yang signifikan  terhadap  variabel  dependen atau intensitas  pemilihan  pendidikan. Di antara  variabel  bebas  yang  memiliki pengaruh  signifikan  yang paling  dominan dibandingkan  dengan  variabel bebas lainnya  terhadap  variabel  tergantung adalah variabel  kepedulian.

Di dalam penelitian  ini  masih  terdapat keterbatasan.  Keterbatasan  tersebut adalah  responden  yang diambil  sebagai sampel  merupakan peserta  didik  dari  satu angkatan  saja.,  sehingga  penelitian  ini perlu  untuk  ditindaklanjuti dengan penelitian  dengan  model yang  sama tetapi dibandingkan  intensitas  pemitihan pendidikan  di tahun  berikutnya. Dengan demikian  perbandingan  dari  tahun  ketahun  akan  lebih  tampak perbandingannya.

 

Published
2010-07-21
How to Cite
HANDOKO, T. (2010). DAMPAK FASILITAS YANG DITAWARKAN LEMBAGA KURSUS TERHADAP STRUKTUR DAN BUDAYA MENGIKUTI KURSUS. MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 13(21). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMU/article/view/170