IMPLEMENTASI MODEL LATIHAN LINIER PADA REMAJA PUTRA WIROGUNAN SUKOHARJO

  • Dwi Gunadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Abstract views: 7 , pdf downloads: 7
Keywords: Latihan, Linier, Atletik

Abstract

Abstrak

Pembinaan prestasi klub atletik Remaja Putra Wirogunan Sukoharjo adalah salah satu tempat latihan para atlet atletik yang terdiri dari beberapa nomor lomba diantaranya jalan, lari lempar dan lompat. Dalam pengabdian masyarakat ini, berlangsung pada 02 November 2020 sampai 16 November 2020 dihadiri 11 peserta, 1 pelatih dan 1 asisten pelatih klub atletik. Kegiatan berupa penyampaian materi dan praktek langsung implementasi model latihan linier untuk menunjang prestasi atlet khusunya nomor lomba yang membutuhkan energi anaerob dan merancang program latihan pengembangan jangka menengah. Dalam menghasilkan kemampuan kondisi fisik dan teknik yang maksimal pada klub atletik Remaja Putra Wirogunan, peserta dibagi dalam 3 kelompok terdiri dari kelompok lari, lempar dan lompat. Setiap kelompok melakukan praktik langsung setelah diberikan penjelasan oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil praktik setiap sesi pertemuan dilakukan pendampingan evaluasi secara biomekanika, sistem faal dan metodik latihan secara terstruktur. Dari hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya:

  1. Implementasi model latihan linier dalam menunjang prestasi atlet khususnya nomor lomba yang membutuhkan energi anaerob dapat dipahami atlet, asisten pelatih dan pelatih.
  2. Pelatih dan asisten pelatih mampu lebih mudah dalam membuat Program latihan pengembangan jangka menengah dalam menghasilkan kemampuan kondisi fisik dan teknik yang maksimal pada klub atletik Remaja Putra Wirogunan.

Kata kunci:  Latihan, Linier, Atletik

Published
2021-01-19