IMPLEMENTASI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA SISWA PUTRA KELAS 4 DAN 5 SD IT ABU JAFAR TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Jasmani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Risa Agus Teguh Wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Wisnu Mahardika Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Slamet Sudarsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Pencak Silat, Modifikasi Pembelajaran.

Abstract

Abstrak

Pengabdian Masyarakat ini merupakan Pengabdian Masyarakat Tindakan Kelas (PTK). Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dalam dua Siklus, dengan tiap Siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek Pengabdian Masyarakat terdiri siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021.Pada pengabdaian masyarakat kondisi awal didapatkan hasil ketuntasan pembelajaran siswa hanya 51,85 % dengan rata-rata nilai 67 dan setelah diadalan Tindakan I menghasilkan suatu data peningkatan siswa dalam pembelajaran teknik dasar tendangan depan pencak silat melalui modifikasi pembelajaran menggunakan Media Tongkat. Ketuntasan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat dari Kondisi Awal ke Siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,11 % menjadi 62,96% dengan rata-rata nilai 74. Dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,52 % menjadi 81,48 %.         Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: melalui modifikasi pembelajaran menggunakan Media Tongkat dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar tendangan depan pencak silat pada siswa kelas VIII SMP IT Mardatillah Polokarto Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021.

Published
2022-01-31