IMPLEMENTASI METODE LATIHAN TARGET TETAP DAN BERGERAK TERHADAP KETEPATAN PUKULAN GYAKU TSUKI PADA ATLET PUTRA CLUB KARATE DOJOTUNGGUL SRAGEN

  • Dwi Gunadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Danang Adi Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rustam Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Herrywansyah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Totong Umar Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Target Tetap, Bergerak, Pukulan GyakuTsuki

Abstract

Latihan target tetap sangat efektif untuk peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsuki karena atlet mempelajari suatu latihan teknik dasar yang dilakukan secara terus menerus, dan dilakukan secara berula-ulang sehingga menyebabkan gerak otomatis yang kemudian mengkombinasikan dengan bagian yang lain, dipraktikkan secara bersama sampai benar-benar dikuasai, sehingga menyebabkan peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsuki menjadi lebih optimal. Hal inilah yang menjadi faktor utama terbentuknya peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsuki. Dengan peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsukiĀ  yang baik, maka akan mendukung peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsuki yang lebih optimal. Dari salah satu sisi dalam metode latihan target bergerak atlet menekankan tiap bagian dikuasai terlebih dahulu dengan baik kemudian baru dilanjutkan dengan teknik berikutnya yang juga tetap mengedepankan kondisi fisik dan teknik dasar pukulan sehingga siswa yang baru belajar akan lebih sempurna dan baik dalam gerakannya sehingga memungkinkan peningkatan ketepatan pukulan gyaku tsuki.

Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa:

  1. Implementasi model latihan pukulan gyaku tsuki latihan target tetap dan bergerak membantu prestasi atlet karate dojotunggal sragen. 2. Pelatih dan asisten pelatih mampu lebih mudah dalam membuat Program latihan pengembangan jangka menengah dalam menghasilkan kemampuan kondisi fisik dan teknik yang maksimal pada dojotunggal sragen.
Published
2023-07-28