PEMBERDAYAAN UMKM KABUPATEN MALANG MELALUI PENYELENGGARAAN SOSIALISASI DAN BAZAR DI LINGKUNGAN MAHASISWA

  • Wuryan Andayani Universitas Brawijaya
Keywords: Service Learning, UMKM, Digital Marketing, Kabupaten Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan strategi dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Malang melalui pelaksanaan sosialisasi dan bazar di lingkungan mahasiswa. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia, tetapi seringkali menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan akses pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penyelenggaraan sosialisasi dan bazar terhadap pemberdayaan UMKM. Metode pelaksanaan pengabdian berupa Service Learning (SL) melalui kegiatan bazar serta memberikan sosialisasi mengenai pemberdayaan UMKM Kabupaten Malang. Kegiatannya berupa penyelenggaraan Bazar, sekaligus pelatihan mengenai pengelolaan UMKM berbasis teknologi digital marketing dalam pemasaran produk. Hasilnya menunjukkan bahwa program dan pelatihan yang dijalankan sudah efektif dan bermanfaat bagi pelaku UMKM. Kegiatan bazar memberikan platform bagi pelaku UMKM memasarkan produk, meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar dan memahami preferensi pasar. Pendekatan ini berpotensi diterapkan untuk pemberdayaan UMKM di Kabupaten Malang.

Published
2023-10-13