STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BATIK TELANG MELALUI PEMASARAN DIGITAL KOMUNITAS BUTERI MAKCEMPUT KOTA MALANG

  • Firda Meisaroh ITN Malang
  • Nur Adilla
  • Reni Rupianti
Keywords: Ekonomi Kreatif, Pemasaran Digital, Bisnis, UMKM, Bunga Telang, Batik

Abstract

Program pengabdian masyarakat untuk Komunitas Buteri Makcemput Kota Malang ini merupakan salah satu upaya Institut Teknologi Nasional Malang untuk dapat berkontribusi aktif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ekonomi kreatif. Memasuki era digitalisasi saat ini, perlu adanya kesiap siagaan para pelaku ekraf dalam menjalankan usaha bisnisnya. Kreativitas dan inovasi dalam pengembangan produk Batik Telang Puri dirasa tidak cukup untuk memenangkan persaingan bisnis saat ini. Komunitas Buteri Makcemput perlu diberikan tambahan ilmu dan pengalaman dalam melakukan kegiatan pemasaran secara digital. Media sosial akan membawa dampak yang signifikan dalam pencapaian penjualan yang optimal. Ditambah lagi dengan adanya dukungan dari konten-konten yang menarik pada platform Tiktok yang sedang marak digemari oleh kalangan muda di Indonesia. Sehingga mereka akan dengan mudah untuk berbelanja dan membeli produk unggulan Batik Telang Puri melalui Shopee maupun Tokopedia dari smartphone kesayangan mereka.

Published
2024-03-14