PROGRAM PENDAMPINGAN BRANDING UMKM SALAK PONDOH PADA KELURAHAN BANGUN KERTO YOGYAKARTA

  • Desideria CW Murti Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Tegar Satya Putra Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ancilla Ayu Rafaella Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: pemberdayaan, perempuan, umkm, bangunkerto, branding

Abstract

Pemberdayaan perempuan dan peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Bangun Kerto, Yogyakarta, menjadi fokus utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Terutama dalam konteks produksi Salak Pondok, potensi yang besar seringkali belum dimanfaatkan sepenuhnya, khususnya oleh perempuan. Untuk mengatasi hal ini, kami mengusulkan "Program Pemberdayaan Perempuan melalui Pendampingan Branding UMKM SALAK PONDOK," yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kontribusi ekonomi perempuan. Program ini akan memberikan bimbingan khusus dalam pengembangan strategi branding dan menciptakan ikonisasi tempat, sehingga membuat produk Salak Pondok lebih dikenal dan diminati. Branding, sebagai salah satu komponen strategi bisnis yang krusial namun sering disalahartikan, dianggap lebih dari sekedar fungsi periklanan. Ini adalah inti dari mengelola citra produk, yang jika dikelola dengan benar, dapat meningkatkan persepsi nilai produk dan mendukung pencapaian tujuan bisnis. Penelitian ni bertujuan untuk meredefinisi pendekatan branding dalam konteks UMKM, memastikan bahwa ini bukan hanya tentang periklanan, tetapi tentang menciptakan nilai jangka panjang bagi produk dan pengusaha perempuan di Kelurahan Bangun Kerto. Pemberdayaan perempuan dan peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Bangun Kerto, Yogyakarta, menjadi fokus utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Terutama dalam konteks produksi Salak Pondok, potensi yang besar seringkali belum dimanfaatkan sepenuhnya, khususnya oleh perempuan. Untuk mengatasi hal ini, kami mengusulkan "Program Pemberdayaan Perempuan melalui Pendampingan Branding UMKM SALAK PONDOK," yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kontribusi ekonomi perempuan. Program ini akan memberikan bimbingan khusus dalam pengembangan strategi branding dan menciptakan ikonisasi tempat, sehingga membuat produk Salak Pondok lebih dikenal dan diminati. Branding, sebagai salah satu komponen strategi bisnis yang krusial namun sering disalahartikan, dianggap lebih dari sekedar fungsi periklanan. Ini adalah inti dari mengelola citra produk, yang jika dikelola dengan benar, dapat meningkatkan persepsi nilai produk dan mendukung pencapaian tujuan bisnis. Penelitian ni bertujuan untuk meredefinisi pendekatan branding dalam konteks UMKM, memastikan bahwa ini bukan hanya tentang periklanan, tetapi tentang menciptakan nilai jangka panjang bagi produk dan pengusaha perempuan di Kelurahan Bangun Kerto.

Published
2024-04-02