PENDAMPINGAN PELOPOR PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU SDI HASYIM ASY’ARI PIKATAN BLITAR

  • Mochamad Chobir Sirad UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Fahmi Arif UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Choiruddin STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung https://orcid.org/0000-0002-6030-1345
Keywords: religious moderation, mentoring, primary school

Abstract

Lembaga pendidikan dipandang menjadi kekuatan terdepan dalam pengembangan implementasi moderasi beragama. Jenjang pendidikan dasar perlu mendapat perhatian lebih dalam penanaman nilai moderasi beragama dengan menyasar guru karena dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenali pemahaman, strategi penguatan, serta tindak lanjut kegiatan pelatihan penguatan moderasi beragama pada Guru-guru Sekolah Dasar Islam Hasyim Asy’ari Blitar. Penelitian ini menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD) dengan mengedepankan aspek-aspek kekuatan, aset, dan potensi masyarakat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa : (1) Pemahaman moderasi beragama pada guru-guru Sekolah Dasar Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar berdasarkan analisis before dan after menunjukkan adanya peningkatan pemahaman moderasi beragama. (2) Tahap-tahap yang dikerjakan dalam strategi penguatan moderasi beragama dengan pendekatan Aset Based Community-driven Development pada guru SDI Hasyim Asy’ari meliputi Inkulturasi (Perkenalan/Pendekatan), Discovery (Mencari Informasi), Design (Mengetahui Aset dan Mengidentifikasi Peluang), Define (mendukung keterlaksanaan program kerja). (3) Tindak lanjut kegiatan pelatihan penguatan moderasi beragama tersebut adalah mengembangkan penguatan moderasi beragama dengan kolaborasi antar bapak/ibu guru dan kelompok orang tua/ wali murid untuk mendiskusikan tentang kemaslahatan, kesejahteran, yang bertanggung jawab untuk mensosialisasikan untuk warga sekitar, serta mencari solusi agar terhindar dari penyimpangan dengan pengawasan kepala sekolah.

Published
2024-04-04