A PERAN KOORDINATOR KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KEGIATAN MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN UNIVERSITAS BAKTI INDONESIA

  • Hermanto Universitas Bakti Indonesia
Keywords: Numerasi; literasi; kampus mengajar; peserta program; Pendidikan.

Abstract

Dalam meningkatan numerasi dan literasi pemerintah menyusun MBKM melalui Program Kampus Mengajar dengan mengajak mahasiswa untuk berkolaborasi dan berbakti pada tingkat sekolah. Dengan mengikuti kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, dan karakter, serta mendapat pengalaman mengajar yang disetarakan dalam satuan kredit semester (sks). Program kampus mengajar memiliki tujuan diantaranya meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, Menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri, berinovasi dan berkolaborasi dengan guru, dan Meningkatkan peran serta kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan Pendidikan nasional. Pada penelitian pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapang guna terlaksana program berjalan dengan baik sesuai kebutuhan Pendidikan nasional. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat 24 mahasiswa dan 3 DPL Universitas Bakti Indonesia telah melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar angkatan 5 dengan baik. Laporan mingguan dan Bulanan mahasiswa dan DPL dinyatakan lengkap, aktif melaksanakan kegiatan di sekolah dan menjalin komunikasi dengan warga sekolah. kegiatan kampus mengajar ini merupakan kegiatan yang memberikan dampak besar serta menjadi sarana untuk menerapkan tridharma perguruan tinggi yang terlibat langsung dengan masyarakat dan berbagai pihak dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dan mengambil peran dalam setiap perubahan pendidikan.

Published
2024-04-04