PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP ANAK DIDIK DALAM PENGEMBANGAN NILAI MORAL BANGSA DI SANGGAR BIMBINGAN INTAN BAIDURI SELAYANG MALAYSIA

  • Azqiya Aimalike Universitas Islam Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Harisman Harisman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: pancasila, pendidikan moral

Abstract

Pancasila memiliki makna tersendiri bagi Bangsa Indonesia, yaitu sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, sebagai pandangan jiwa dan kepribadian Bangsa Indonesia, sebagai alat pemersatu bangsa, sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi Bangsa Indonesia, serta sebagai paradigma reformasi. Garis-Garis Besar Haluan Negara secara tersirat menyatakan bahwa pendidikan moral adalah program pendidikan yang memperhatikan psikologi dan disajikan untuk tujuan pendidikan, menata dan menyederhanakan sumbersumber moral. Moral Bangsa Indonesia itu sendiri adalah Pancasila yang mana tiaptiap sila itu relevan dengan sikap, perilaku, tingkah laku, yang dapat diterima secara luas oleh masyarakat di negara bahkan di dunia internasional. Dikarenakan moral ini sangat penting dalam kehidupan sosial setiap orang, oleh karena itu sedari dini diajarkkan pendidikan moral kepada anak-anak terutama moral bangsa Indonesia. Tujuannya agar kelak mereka dapat berperilaku dengan baik sehingga mudah diterima di lingkungan masyarakat manapun. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu service learning dengan tahapan pra implementasi, implementasi, dan pasca implementasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta didik di Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Selayang Malaysia mulai berperilaku/bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta memahami dan mengetahui makna dari Pancasila itu sendiri beserta penerapannya.

Published
2024-05-15