SOSIALISASI PEMBUATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK MENDORONG MINDSET KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA

  • Ali Zainal Abidin Alaydrus Universitas Mulawarman
  • Hadi Pranoto Universitas Mulawarman
  • Alisya Kayla Diashafa Universitas Mulawarman
  • Achmad Irsyad Faridl Universitas Mulawarman
Keywords: Entrepreneurship, Student,, Business Model Canvas (BMC)

Abstract

Kewirausahaan memainkan peran krusial dalam ekonomi global saat ini, terutama dalam era inovasi yang menjadi fokus utama. Mahasiswa memiliki peran signifikan dalam membentuk ekonomi melalui pendirian startup dan penciptaan lapangan kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan Business Model Canvas (BMC) dalam konteks kewirausahaan. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui pemaparan secara interaktif, pembelajaran berbasis proyek, dan sesi konsultasi individu. Evaluasi dilakukan dengan pre-test, post-test, dan kuesioner evaluasi untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan kepuasan peserta. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap konsep BMC, yang pada akhirnya mendorong perkembangan mindset kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Published
2024-04-30