PENDAMPINGAN TAHFIDZ MELALUI METODE TIKRAR DI NAGARI TANDIKEK BARAT KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Nurhasnah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Abstrak

Pendampingan ini memiliki tujuan untuk memfasilitasi dan memandu siswa dalam meraih keberhasilan dalam proses menghafal Al-Quran dan untuk memberikan bimbingan teknis, dukungan emosional, dan motivasi yang diperlukan agar mereka dapat menghafal dengan metode Tikrar. Selain mencapai prestasi hafalan, pendampingan juga bertujuan untuk membentuk sikap ketaatan, ketekunan, dan kedisiplinan siswa dalam menghafal Quran, sehingga hasil menghafal tidak hanya menjadi pencapaian jumlah semata, tetapi juga menjadi wahana pengembangan spiritual dan karakter yang kokoh sesuai dengan nilai-nilai Islam, hal ini dikarenakan kesukaan generasi muda yang memiliki hobi bermain android dan Internet. Hal ini terlihat jelas pada kondisi pasca  covid yang membuat anak-anak dirumahkan dan diharuskan berinteraksi dengan HP android untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah metode service learning dengan mengikuti tiga tahapan yaitu: tahapan persiapan, tahap melayani, dan tahap refleksi. Objek dari penelitian ini adalah siswa tingkat SD dan SMP yang belajar mengaji di TPA/ TPSA. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa menghafal quran pada siswa dengan metode tikrar, di dapati ada perubahan dan peningkatan dalam menghafal quran siswa TPA di Nagari Tandikek Barat. Dengan adanya pendampingan ini harapannya semoga kedepannya kegiatan menghafal Quran dengan metode Tikrar bisa dilanjutkan oleh peserta didik dimanapun mereka berada, karena pada hakikatnya metode tikrar adalah metode pengulangan berkali-kali membaca ayat Al-Quran yang di sedang.

Diterbitkan
2024-04-30