PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

  • Maria Purnawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nara Sari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: digital literacy; interactive learning media, H5P., Kahoot!

Abstract

Dalam era digital ini, guru perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk memastikan efektivitas pembelajaran yang sesuai tuntutan zaman, dengan mengeksplorasi teknologi dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Untuk itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi digital dan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran interaktif. Tahap pelaksanaan kegiatan yaitu pengumpulan data, penyusunan materi, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi. Peserta pelatihan adalah guru SDN Bandungrejosari 1 Malang. Materi pelatihan meliputi urgensi teknologi dalam pembelajaran, literasi digital guru serta pemanfaatan teknologi digital H5P dan Kahoot!. Pelatihan dilakukan dengan metode penyuluhan, demonstrasi, dan simulasi. Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan kegiatan dengan mengukur kehadiran peserta, pemahaman materi, dan kemampuan dalam membuat media pembelajaran interaktif. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan keberhasilan pelatihan dengan partisipasi peserta >80%, serta pemahaman dan kemampuan praktis membuat media pembelajaran interaktif. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat tanggapan positif dari peserta dan kepala sekolah. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan semacam ini penting untuk meningkatkan literasi digital dan ketrampilan guru di era digital abad 21.

Published
2024-04-30