INOVASI ALAT PERAGA LITERASI DAN NUMERASI “POP UP BOOK” BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR

  • Venissa Dian Mawarsari Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Martyana Prihaswati Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eko Andy Purnomo Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Andari Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Ahmadi Ahmadi Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Annisa Azzahra Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: literasi, numerasi, pop up book, guru, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Mangunharjo dalam pembuatan alat peraga literasi numerasi melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan alat peraga literasi numerasi. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini mengunakan metode sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah. Pelatihan dan Pendampingan dilakukan secara praktek langsung dengan peserta. Peserta pengabdian ini adalah guru-guru SD Negeri Mangunharjo Kota Semarang. Kemampuan guru dalam pembuatan alat peraga literasi dan numerasi dilihat dari observasi dan pemberian angket. Hasil kegiatan pengabdian masayarat ini diperoleh bahwa adanya sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan alat peraga literasi dan numerasi sehingga guru-guru dapat menghasilkan produk alat peraga literasi dan numerasi berupa pop up book. Peserta memberikan respon sangat baik dan antusias dalam kegaiatan pengabdian Masyarakat ini. Terdapat peningkatan kemampuan guru-guru SD Negeri Mangunharjo dalam pembuatan alat peraga literasi dan numerasi berupa pop up book.

Published
2024-05-15