STRATEGI MANAJEMEN OPERASIONAL PELAYARAN DALAM SITUASI KRISIS EKONOMI

Keywords: strategi, pasar, pengangkutan

Abstract

Kebutuhan industri tidak terlepas dari dukungan transportasi laut dalam pengadaan segala material untuk keperluan industri. permintaan jasa pelayaran sangat fluktuatif dimana spesifikasi kargo dan peramalan situasi pasar merupakan hal yang harus di perhatikan perusahaan jasa pelayaran. Permintaan jasa pelayaran tidak terlepas dari situasi dan kondisi perubahan harga pasar, minimnya ketersediaan armada, biaya pelayanan dan fasilitas penanganan cargo adalah kecenderungan pasar yang dapat berubah ubah, perubahan ini juga dapat terjadi pada biaya bunker yang semakin meningkat sehingga perusahaan jasa pelayaran dalam mengambil keputusan memiliki daya jangkauan yang kuat mengenal situasi dan kondisi atau permasalahan di dalam pasar dan penyesuaian biaya operasional dan pendapatan yang di peroleh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (penelitian berbasis kualitatif), menggunakan metode pemikiran deduktif (metode deduktif). Fenomena peningkatan biaya bunker dan biaya operasional termasuk situasi dan kondisi pelayaran, merupakan hal yang harus di perhatikan oleh jasa pelayaran jika ingin bertahan di pasar pengangkutan

Published
2024-05-15