WORKSHOP DAN BAZAR KEWIRAUSAHAAN

  • Trecy E. Anden Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Lelo Sintani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Aston Pakpahan Universitas Palangka Raya
  • Peridawaty Peridawaty Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Ina Karuehni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Anike Retawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
Keywords: Entrepreneurship, Bazaar

Abstract

Gelombang Revolusi Industri 4.0 telah mendisrupsi berbagai aspek kehidupan global, termasuk persaingan di sektor perekonomian. Disrupsi ini tercermin dari perubahan yang cepat akibat penggunaan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, Human-Machine Interface, dan merebaknya fenomena sharing economy. Hal ini kemudian menjadi momentum yang menjadikan pengembangan kewirausahaan UMKM menjadi isu strategis yang perlu mendapat perhatian. Yang perlu dilakukan adalah membangun sinergi dalam pemetaan potensi kewirausahaan, penciptaan iklim kewirausahaan, pengembangan kewirausahaan dan inkubasi kewirausahaan serta dukungan pembiayaan.

Dalam upaya mendukung tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan ekonomi kreatif, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menciptakan iklim kewirausahaan dari perguruan tinggi melalui mata kuliah Kewirausahaan dan berbagai kegiatan kewirausahaan lainnya.

Sebagai bentuk upaya menciptakan iklim kewirausahaan di masyarakat, Universitas Palangka Raya memberikan pembinaan bagi wirausaha melalui program pengabdian kepada dosen pendamping kewirausahaan. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu membangun minat berwirausaha dan bisnis khususnya bagi mahasiswa dan alumni Universitas Palangka Raya dalam berwirausaha.

Kegiatan yang direncanakan akan dilakukan adalah memberikan wadah bagi para wirausaha muda khususnya mahasiswa dan alumni Universitas Palangka Raya untuk mempromosikan produknya melalui kegiatan bazaar. Dalam kegiatan ini para pengusaha dapat memamerkan dan memperkenalkan produk olahan serta kreatifitasnya kepada pengunjung bazar, yang pada akhirnya juga diharapkan dapat meningkatkan omzet/pendapatan/penjualan pengusaha.

Published
2024-07-03