KOMPETENSI PERSONALITY GURU “AQIDAH AKHLAK” DALAM MEMBENTUK EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA (Studi Lapangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Sampang)

  • Jamal Syarif Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin
  • Eko Nursalim Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta, Kalimantan Timur
  • Imron Rosadi Pascasarjana IAIN MADURA
Keywords: Teacher, Personality, Aqidah Akhlak, Emotional Intelligence.

Abstract

Guru adalah suri tauladan baik (uswatun hasanah) yang menjadi panutan siswa ketika berada dalam lingkungan sekolah. Sudah selayaknya seorang guru ditiru dalam setiap perilaku baiknya. Tentu menjadi pribadi yang setiap geraknya diawasi atau dinilai oleh seorang murid, seorang guru dituntut untuk mempunyai good personality. Dengan kepribadian yang baik, maka akan menular kepada sang murid. Penulistian ini adalah penulistian kualitatif dengan pendekatan analisis dan berupa field research. Tempat penulistian terpusat pada guru aqidah akhlak yang ad di bawah lingkungan sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sampang. Teknik pengumpulan data penulis dapatkan dengan cara metode wawancara. Hasil dari penulistian ini menunjukkan bahwa seorang guru memberi pengaruh besar kepada seorang murid terlebih guru aqidah akhlaq yang memang ranah mata pelajarannya adalah pada pembentukan karakter siswa. emotional intelligence seorang murid terbentuk dengan adanya personality seorang guru.

Published
2024-05-15