IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PERMASALAHAN UMUM DAN KHUSUS DI DESA SILABAH JAYA SERTA USULAN SOLUSI UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN

  • Sunday Ade Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Devito Valetino Sitindaon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Aldy Erwanto Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Gracenihami Lumbanraja Universitas HKBP Nommensen Medan
Keywords: Income Farm Livestock Development, Health Services, Awareness, Participation, Discipline., Pendapatan Pertanian Beternak Pembangunan Kesehatan Pelayanan Kesadaran Partisipasi Disiplin.

Abstract

Kuliah Praktek dan Pengabdian Masyarakat Universitas HKBP Nommensen berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui interaksi mahasiswa dengan masyarakat, memberikan umpan balik yang berharga bagi perguruan tinggi. pengabdian memfasilitasi dosen dalam mengidentifikasi masalah konkret sebagai bahan pembelajaran dan mendorong kerjasama dengan instansi pemerintah untuk pembangunan. Penelitian yang dikembangkan menjadi lebih bermanfaat dan aplikatif dalam menyelesaikan masalah masyarakat. Bagi pemerintah daerah, pengabdian menyediakan tenaga tambahan untuk mempercepat program pemerintah desa, menjaga kebersihan lingkungan, dan memberikan ide serta masukan untuk kemajuan desa berdasarkan keahlian mahasiswa.
Published
2024-05-27