PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DENGAN TEKNIK MENULIS SECARA KOLABORATIF BAGI GURU DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian PKM ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali guru sebagai penulis dengan bahan dan konsultasi penulisan artikel penelitian tindakan kelas melalui penulisan kolaboratif. Para guru bahasa Inggris dipilih dengan pertimbangan melalui pendistribusian GForm dan mereka berpartisipasi karena minat. Metode kegiatan PKM ada empat, yaitu: diskusi, menulis, pemberian umpan balik, dan penyelesaian tulisan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru sebagai penulis merasa puas dengan target penulisannya dengan mengidentifikasi masalah, mengusulkan dan melaksanakan solusi, dan melaksanakan alur penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil kegiatan PKM, disarankan agar proses menulis memerlukan lebih banyak pemantauan dan pengecekan penggunaan kosakata dan tata bahasa Inggris.