DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DI SDN 32 KOTA BENGKULU

  • Ikhsan Bahri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bahrin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Kampus Mengajar, Kemampuan Numerasi

Abstract

Salah satu program dari merdeka belajar di Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah kampus mengajar. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan bagaimana dampak dari penerapan Kampus Merdeka dalam upaya meningkatkan kemampuan numerasi siswa sd khususnya di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Adapun batasan masalahnya memfokuskan pada siswa kelas V yang dimana pada observasi diketahui kemampuan numerasi anak tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil menunjukkan bahwa Program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa/i di setiap kampus dari berbagai latar belakang pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pada jenjang SD dan memberikan kesempatan kepada mereka belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kemampuan numerasi peserta didik siklus II sudah berhasil mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Siklus II memiliki nilai terendah 75 sedangkan nilai tertinggi 96 sehingga diperoleh rata-rata sebesar 86. Hal tersebut menunjukkan bahwa siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai sehingga dapat dinyatakan bahwa siklus II berhasil. Temuan penelitian menunjukkan kemampuan numerasi peserta didik kelas V SDN 32 Kota Bengkulu telah meningkatan pada setiap siklusnya.

Published
2024-07-03