MORAL-BASED LEARNING MELALUI METODE DONGENG (STUDI PENGABDIAN DI PAUD MEKAR JAYA KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN)

  • Laxmi Laxmi Universitas Halu Oleo Kendari
  • La Ode Aris Universitas Halu Oleo Kendari
  • I Subandrio Universitas Halu Oleo Kendari
  • Fatma Fatma Universitas Halu Oleo Kendari
  • Muhammad al Kausar Universitas Halu Oleo Kendari
Keywords: Fairy tales, Moral -Based, learning, Early Childhood.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidik serta orang tua dalam memanfaatkan dongeng sebagai media pembelajaran dan pengembangan karakter pada anak usia dini di PAUD Mekar Jaya, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Dongeng memiliki peran penting dalam membangun imajinasi, menanamkan nilai-nilai moral, dan mengembangkan kemampuan bahasa anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan interaktif, dan pendampingan praktik mendongeng. Peserta diberikan pemahaman mengenai teknik mendongeng yang efektif, pemilihan cerita yang sesuai, serta cara mengintegrasikan dongeng dalam proses pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta antusiasme dalam diskusi proses tanya jawab dan mendengar ceramah materi yang diberikan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di PAUD Mekar Jaya, sekaligus menjadi model bagi lembaga pendidikan anak usia dini lainnya.

Published
2024-12-13