PELATIHAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA MADRASAH DI MA MIFTAHUL ‘ULUM PURWAKARTA
Abstract
Berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara objektif dan menyeluruh guna mengambil keputusan yang rasional dan logis. Menurut Glick et al. (2020), keterampilan ini sangat penting dalam menghadapi tantangan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum, sebuah Islamic boarding school di Kecamatan Darangdan, Purwakarta, berpikir kritis menjadi keterampilan yang dikembangkan pada siswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap mata pelajaran agama dan meningkatkan kecakapan mereka dalam memecahkan masalah. Berdasarkan studi oleh Miri et al. (2020), pendidikan yang berbasis pada pengembangan berpikir kritis terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang lebih baik. Penelitian oleh Safa et al. (2023) dan Aslam et al. (2022) juga mengungkapkan bahwa berpikir kritis dapat membantu siswa memahami ajaran agama secara lebih mendalam dan menghindari pemahaman yang dogmatis. Dengan demikian, pengembangan keterampilan berpikir kritis di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum mendukung visi madrasah untuk unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks.