KOMUNIKASI MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI BERBASIS TEKNOLOGI DI SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU
Abstract
Pengabdian ini bertujuan agar diterapkanĀ peran komunikasi untuk meningkatkan literasi, numerasi berbasis teknologi di Sekolah Dasar NEGERI 35 KOTA BENGKULU. Literasi numerasi merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa siswi tentang pemahaman dan mampu mengimlementasikan dasar-dasar hitung-menghitung dalam kesehariannya, dengan kemajuan teknologi penerapan alat dan media digital dalam proses pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa siswi. Metode penelitian yang dipakai secara kuantitatif dengan desain eksperimentasi, dimana sampel percobaan terdiri dari dua bentuk pembelajaran yaitu, pembelajaran eksperimen menggunakan teknologi dalam pembelajaran dan pembelajaran menggunakan klasik. Data yang dikumpulkan melalui pemeriksaan literasi, numerasi sebelum dan setelah intervensi, serta angket untuk mengukur efektivitas komunikasi siswa siswi dengan menggunakan teknologi, hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifikasi dalam literasi dan numerasi siswa siswi yang menggunakan pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai rata rata tes yang lebih tinggi di bandingkan dengan pembelajaran yang masih berbasis konvensional, selain itu komunikasi yang efektif dalam pembelajaran literasi dan numerasi berbasis teknologi memberikan pemahaman konsep literasi danĀ numerasi yang meningkat . PenelitianĀ menyimpulkan bahwa penerapan teknologi dalam pembelajaran, disertai dengan komunikasi yang baik dapat secara signifikan memperbaiki literasi dan numerasi siswa siswi di SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU.