IMPLEMENTASI BUZZ MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS BLISS YOGA
Abstract
Salah satu strategi yang banyak dipakai oleh pengusaha saat ini adalah digital marketing. Penulis bekerjasama dengan UMKM bernama Bliss Yoga Batam, yaitu studio yoga yang berfokus pada kelas dan pelatihan yoga. Setelah melakukan survei lokasi, wawancara, dan kuesioner untuk mendapatkan informasi dan permasalahan yang dialami pemilik Bliss Yoga Batam, penulis merumuskan permasalahan yang dialami oleh Bliss Yoga Batam, yaitu brand awareness yang rendah sehingga kurang dapat menjangkau target audiens. Hal ini disebabkan Bliss Yoga belum memanfaatkan media sosial untuk media promosi utama. Oleh karena itu, penulis mengembangkan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, yaitu menggunakan strategi buzz marketing yang bertujuan untuk menimbulkan perbincangan hangat mengenai Bliss Yoga Batam. Luaran kerja praktek ini adalah analisis marketing, strategi buzz marketing, jadwal posting konten, dan pelatihan yang digunakan dan diterapkan oleh Bliss Yoga Batam. Hasil dari implementasi ini menghasilkan dampak positif bagi mitra yaitu naiknya brand awareness Bliss Yoga Batam yang ditunjukkan dengan naiknya followers sebanyak 33.5%, naiknya profile activity, naiknya omzet per bulan, dan bertambahnya member Bliss Yoga Batam. Rekomendasi yang dapat penulis berikan untuk kegiatan PkM berikutnya adalah menciptakan ide-ide strategi buzz marketing yang lebih kreatif dari yang pernah dilakukan untuk meningkatkan efektivitas marketing.