Metode Field Trip Berbasis Virtual Reality pada Pembelajaran Menulis Puisi Sebuah Desain Pembelajaran Digital di Era Kurikulum Merdeka
Virtual Reality Based Field Trip Method in Poetry Writing Learning A Digital Learning Design in the Era of Merdeka Curriculum
Abstrak
Beberapa studi menyebutkan bahwa kemampuan menulis puisi pemelajar di Indonesia masih cenderung membosankan dan kurang menarik atensi pemelajar. Indikasi utama yang diperhatikan adalah penggunaan metode yang kurang tepat dan monoton. Berdasarkan fenomena ini, penulis menawarkan gagasan konseptual dengan mengintegrasikan penggunaan metode field trip dengan virtual reality ke dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan gagasan konseptual ini diciptakan berlandaskan pada perkembangan kultur pendidikan Indonesia saat ini yang mengedepankan aspek-aspek digitalisasi yang sejalan kurikulum merdeka. Dari hasil dan pembahasan yang dilakukan, ditemukan bahwa metode field trip yang diintergrasikan dengan VR melalui sintak di dalam pembelajaran menulis puisi. Terdapat empat sintak yang dimodifikasi: kegiatan persiapan, kegiatan pelaksanaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dari modifikasi ini, VR berperan sebagai media yang dapat mengonstruk pemahaman pemelajar dalam kegiatan menulis puisi dari mencari ide, menulis, hingga menciptakan karya. Gagasan konseptual ini sejalan dengan perkembangan kurikulum Indonesia yang menggunakan merdeka belajar. Simpulan yang didapatkan bahwa metode field trip dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran interaktif pada pembelajaran puisi dalam konteks merdeka belajar. Keterbatasan penelitian ini adalah belum diujicobakan keefektifannya sehingga menjadi rekomendasi pada peneliti lain di masa depan.