Klasifikasi Sentimen Ulasan Vision+ di Google Play Store Menggunakan Naïve Bayes
Abstract
Vision+ merupakan platform video on demand di bawah naungan MNC Group yang menawarkan beragam konten, mulai dari saluran TV nasional dan internasional, konten premium, hingga koleksi video berdasarkan genre dari Indonesia dan mancanegara. Platform ini menyediakan beberapa saluran dan layanan streaming gratis, namun akses penuh memerlukan pendaftaran atau langganan premium. Dengan beragamnya layanan yang ditawarkan Vision+, platform ini menargetkan berbagai segmen pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen masyarakat atau pengguna Vision+ terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik data mining untuk membandingkan klasifikasi dalam analisis sentimen berdasarkan ulasan pengguna di Play Store dengan menerapkan metode Naive Bayes. Metode klasifikasi Naive Bayes, yang didasarkan pada teorema Bayes, dipilih karena kemampuannya dalam menangani data dengan asumsi independensi antar variabel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai persepsi publik terhadap Vision+ berdasarkan ulasan yang tersedia.