KAJIAN DIAGNOSIS DETERIORATION PADA STRUKTUR BETON

  • Sri Haryono
Abstract views: 96 , PDF downloads: 0

Abstract

Kualitas bahan beton, jenis , dan metode konstruksi terus berkembang variatif. Secara bersamaan, pemahaman tentang perilaku kimiawi dan kinerja beton mengalami peningkatan yang cukup baik. Suatu kenyataan bahwa disamping kelebihan yang dimilki oleh struktur beton, perlu difahami adanya suatu  fakta yang tidak dapat dihindari bahwa semua struktur beton akan mengalami kemunduran kualitas (kerusakan) dengan berjalannya waktu. Selama waktu layannya struktur bangunan beton dapat mengalami kemunduran mutu, kemunduran beton akan dipengaruhi oleh banyak faktor. baik oleh sebab-sebab dalam diri bangunan itu sendiri maupun akibat perubahan lingkungan di sekitarnya. Kemunduran kualitas akan mengubah kinerja dan penampilan struktur, yang dapat mempengaruhi perilaku di bawah kondisi beban kerja normal yang berpengaruh terhadap keselamatan struktural.

Penyebab kemunduran harus diidentifikasi secara teliti sehingga strategi perbaikan yang tepat dapat ditentukan. Perbaikan dengan cara hanya melapisi permukaan beton yang mengalami kerusakan sudah tidak dapat direkomendir dan tidak dapat diterima lagi. Keputusan yang akurat sekarang hanya dapat dibuat, didasarkan pada penelitian yang tepat dan dengan melakukan diagnosis deterioration beton.

Author Biography

Sri Haryono
FTUTP SKA
Published
2008-07-09
How to Cite
Haryono, S. (2008). KAJIAN DIAGNOSIS DETERIORATION PADA STRUKTUR BETON. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 5(9.A). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/112

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>