STUDI KOMPARASI PROFIL KABEL PADA JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI KELAS I DENGAN BENTANG UTAMA 2x80 METER

  • Astriana Hardawati Universitas Islam Indonesia
  • Kurniawan Mega Mahardika Program Studi Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Jembatan lazim digunakan untuk membantu mobilisasi. Salah satu tipe jembatan yang mempunyai keunggulan di bentang panjang adalah jembatan gantung. Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 02/SE/M/2010 sudah melampirkan dimensi dan profil baja untuk membangun jembatan gantung pejalan kaki dengan beberapa variasi bentang. Tetapi sangat mungkin terjadi kebutuhan bentang yang berbeda dengan yang sudah dilampirkan di pedoman. Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan hasil perhitungan dimensi profil yang sedikit lebih kecil daripada yang tertera di pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan komparasi penggunaan profil kabel pada jembatan gantung dengan dua bentang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data dari hasil desain penelitian sebelumnya. Profil kabel untuk kabel utama dan kabel penggantung selanjutnya dikombinasikan sesuai pedoman yang berlaku. Nilai rasio antara kapasitas dan kebutuhan (d/c ratio) dihitung dan dibandingkan. Pemodelan jembatan dilakukan dengan bantuan software SAP2000. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa dimensi kabel utama sesuai dengan yang tertera di pedoman, sedangkan untuk kabel penggantung dapat digunakan profil yang lebih kecil dari pedoman. Perbedaan nilai rasio kapasitas dan kebutuhan yang didapat tidak signifikan untuk kabel penggantung, tetapi signifikan untuk kabel utama.

Published
2023-02-07
How to Cite
Hardawati, A., & Mahardika, K. M. (2023). STUDI KOMPARASI PROFIL KABEL PADA JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI KELAS I DENGAN BENTANG UTAMA 2x80 METER. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 28(1), 1-12. https://doi.org/10.36728/jtsa.v28i1.2292